Rabu, 17 Oktober 2012

Fitur Baru BlackBerry 10 Diprediksi Guncang Pasar

Fitur Baru BlackBerry 10 Diprediksi Guncang Pasar
foto
Jakarta -Sistem operasi terbaru dari Research in Motion (RIM), BlackBerry 10, diharapkan mampu membalik nasib buruk perusahaan asal Kanada tersebut di pasar global. Dalam kunjungan ke Indonesia, Chief Marketing Officer RIM, Frank Boulben, tidak lupa mempromosikan kelebihan platform barunya ini.
"BlackBerry 10 akan membawa teknologi layar sentuh yang benar-benar berbeda dari produk lainnya," ujarnya dalam wawancara terbatas dengan wartawan di Ritz Carlton, Pacific Place, Kamis, 11 Oktober 2012. Perangkat dengan platform ini akan terbagi dalam dua kategori, yaitu perangkat berlayar sentuh penuh dan perangkat berlayar sentuh yang dilengkapi keyboard fisik.
Carlo Chiarello, Executive Vice President Smartphone Business RIM menyatakan salah satu perbedaan perangkat BlackBerry 10 adalah tidak adanya tombol 'Home'. Ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, pengguna tidak harus kembali ke halaman muka. Hal ini dilakukan dengan 'swipe' atau menggeser halaman ke samping.
"Kami ingin  memberikan pengalaman menggunakan perangkat yang 'mengalir'" ujarnya. Boulben menyebutkan bahwa fitur unggulan dalam BlackBerry 10 antara lain BlackBerry Hub, keyboard, BlackBerry Messenger, serta BlackBerry Balance. BlackBerry HUb adalah semacam jendela yang memuat notifikasi email, SMS, hingga akun sosial media.
RIM juga menjanjikan performa maksimal keyboard pada platform ini. Tampilan keyboard BlackBerry 10 memiliki fitur prediksi teks, yang mampu mempelajari kebiasaan penggunanya dalam mengetik teks.
Prediksi kata yang akan digunakan muncul di atas huruf yang terkait. Misalnya ketika diketik 'the', maka predisi 'there' akan muncul di atas huruf R dan 'then' akan muncul di atas huruf N. untuk menggunakan prediksi tersebut pengguna tinggal menyeretnya ke kolom teks.
"Perangkat dengan keyboard fisik mungkin akan sedikit berbeda, namun tetap memiliki kemampuan yang sama," ujar Chiarello.
Fitur berikutnya adalah BlackBerry Balance, untuk pengguna yang memanfaatkan perangkat mereka untuk tujuan pekerjaan sekaligus pribadi. Dengan fitur ini, terdapat mode 'Personal' dan 'Work' yang dapat diubah dengan cepat. Mode 'Work' memiliki sistem enkripsi dan dapat dikontrol oleh perusahaan.
"Dengan fitur ini perusahaan tidak bisa melihat data personal, sementara pengguna tidak bisa mengotak-atik aplikasi di mode Work." ujarnya menambahkan.
Fitur unggulan keempat, yaitu BlackBerry Messenger, masih ditutup rapat oleh RIM. Namun mereka menjanjikan adanya inovasi mendasar atas layanan pesan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar